RSS

Penemuan Besar

RODA RAKSASA GEORGE FERRIS


 Roda Ferris (Ferris Wheel) merupakan salah satu penemuan besar di dunia hiburan, perangkat ini berupa roda raksasa yang di lengkapi dengan sejumlah tempat duduk yang di sebut gondola. Roda ini akan berputar sehingga setiap tempat duduk akan ikut bergerak.

Gagasan pembuatan roda ini muncul dari George Washington Gale Ferris dari Amerika. Ia mewujudkan gagasannya itu pada tahun 1893. saat itu ia membuat roda raksasa yang tingginya sekitar 75 meter di Chicago, Amerika Serikat.

SI PERANCANG JEMBATAN

George Ferris adalah ahli perancang jembatan baja. Kala itu namanya sudah sangat popular di kalangan para ahli teknik. Ia sempat bekerja untuk membangun jaringan rel kereta api. Namun, ia ingin sekali menciptakan karya yang unik, berani dan asli.

FAKTA MENARIK

Roda George Ferris dibuat untuk menyaingi menara Eiffel di Paris, prancis. George Ferris merancang roda raksaanya dalam sebuah makan malam bersama teman-temannya. Roda itu dibuat tanpa ada perubahan dari sketsanya.

PERKEMBANGAN DI NEGARA LAIN

Gagasan George Ferris tetap hidup hingga kini, malah model yang sma juga dibuat di sejumlah Negara. Misalnya The LondonEye di Inggris, Ferris Wheel Chongqing di Cina, dan Roud de Paris di Paris, prancis. Di taman-taman hiburan di seluruh dunia, Ferris Wheel ini sangat digemari pengunjung.

GEORGE FERRIS





sumber: Buku Ensiklopedia Frisian Flag

0 komentar:

Posting Komentar