RSS

BUNGA MATAHARI





    Bentuknya yang cukup besar dan warnanya yang kuning cerah begitu eye catching bila ditanam di taman rumah. Nama Latin bunga matahari, Helianthus annuus, berasal dari kata Yunani yang berarti ”matahari” dan ”bunga” dan dari kata bahasa Latin yang berarti ”tahunan”. Biasanya, bunga ini tumbuh sampai sekitar 2 meter tingginya, tetapi beberapa spesimen raksasa tumbuh menjulang dua kali lebih tinggi. Tangkai yang kokoh dan daun-daun hijau yang kasar dimahkotai bunga yang besar dan bundar dengan helaian mahkota berwarna kuning terang. Bagian tengah bunga itu terdiri dari bunga-bunga kecil berbentuk tabung. Setelah diserbuki serangga, bunga-bunga kecil ini berkembang menjadi biji-biji bunga matahari yang dapat dimakan. Diameter bagian tengah bunga matahari berkisar antara 5 sampai 50 sentimeter dan dapat menghasilkan 100 sampai 8.000 biji.

    Bunga matahari bersifat heliotropis yaitu selalu mengikuti cahaya matahari. Tanaman bunga matahari menyimpan auxin. Auxin merupakan suatu hormon tanaman yang mengendalikan pertumbuhan. Biasanya jumlah auxin lebih banyak di sisi yang jauh dari sinar matahari. Itulah penyebab batang bunga matahari selalu tumbuh ke arah sinar itu. Tetapi, bunga yang sudah mekar penuh tidak lagi bersifat heliotropis. Meski demikian bunga matahari selalu menghadap ke arah timur.

   Bunga matahari sendiri memiliki filosofi kesetiaan dimana ia selalu setia mengikuti arah matahari bergulir. Jika anda memperhatikan bunga matahari pada pagi hari maka dia akan menghadap ke timur, dimana matahari terbit dan kemudian akan terus mengikutinya seiring pergerakan matahari kearah barat, dimana matahari terbenam. Bunga matahari yang bewarna kuning juga mengartikan sebagai symbol  keriangan, kegembiraan dan kebahagiaan.


   Selain itu bunga matahari merupakan tanaman hias yang sering dijadikan sebagai obat tradisional. Beberapa penyakit yang bisa diobti dengan bunga matahari antara lain Hipertensi, Sakit kepala, Sakit gigi, nyeri menstruasi, reumatik, Nyeri lambung, radang payudara, Sulit melahirkan, Disentri, Campak, Infeksi saluran kencing, Bronkhitis, Batuk, Keputihan dan Malaria.

   Kandungan kimia yang terdapat pada bunganya antara lain Quercimeritrin, helianthoside (A,B,C), oleanolic acid, echinocystic acid. Sedangkan dalam bijinya terkandung Beta-sitosterol, prostaglandin E, chlorogenic acid, quinic acid, phytin, 3,4-benzopyrene.




SUMBER :

http://kumpulan.info/tahukah-anda/pengetahuan/246-bunga-matahari-selalu-menghadap-matahari.html

http://manfaatbuahdaun.blogspot.com/2014/01/manfaat-bunga-matahari-untuk-kesehatan.html

http://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/102005603

0 komentar:

Posting Komentar