RSS

LTE - LONG TERM EVOLUTION

APA ITU LTE ?

LTE (Long Term Evolution), yaaa kita memasuki era pembaruan dari sebuah koneksi jaringan. Belakangan LTE sangat ramai dibicarakan banyak orang, untuk di Indonesia mungkin masih terlalu begitu asing. Padahal bila kalian hobi menonton serial drama televisi korea, kalian akan menyaksikan penggunakan perangkat telephone canggih dan pasti juga tertera jaringan LTE. 


Kekurangan yang dimiliki oleh teknologi LTE antara lain adalah biaya untuk infrastruktur jaringan baru relatif mahal. Selain itu jika jaringan harus diperbaharui maka peralatan baru harus diinstal.

Selain itu teknologi LTE menggunakan MIMO (Multiple Input Multiple Output), teknologi yang memerlukan antena tambahan pada pancaran pangakalan jaringan untuk transmisi data. Sebagai akibatnya jika terjadi pembaharuan jaringan maka pengguna perlu memebeli mobile device baru guna mengguna infrastruktur jaringan yang baru.

Pihak industri telekomunikasi maupun pemerintah Korea Selatan, saling bahu-membahu melakukan evolusi jaringan internet super cepat untuk warganya. Salah satu hasil kolaborasi itu, Korea Selatan siap mengkomersialisasikan penerus dari 4G LTE, yakni jaringan LTE-Advance (LTE-A). Lantas, buat apa negara tersebut butuh jaringan internet lebih cepat lagi, jika kecepatan akses internet di Korea saat ini sudah dirasa sangat mencukupi bagi warganya.



Di saat banyak rekan sekawasan Asia lainnya mulai sibuk menggarap proyek penyediaan jaringan 4G LTE, Korea Selatan dalam waktu dekat ini malah sudah siap menghadirkan teknologi jaringan penerusnya, yakni LTE-Advance (LTE-A) yang diklaim tiga kali lebih cepat. Tiga operator seluler terbesar di Korea Selatan, SK Telecom, LG Uplus, dan KT akan mulai menghadirkan layanan jaringan LTE-A pada akhir Juni ini. Pengenalan jaringan LTE-A di Korea Selatan ini menjadi yang pertama di dunia.


0 komentar:

Posting Komentar